Jumat, 12 September 2014

Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Prakarya


Prakarya merupakan salah satu mata pelajaran baru yang ada di kurikulum 2013 SMP. Mata pelajaran ini diadakan sebagai imbas dari dihapuskannya mata pelajaran TIK, PLKJ dan Mulok (Tata Boga, Tata Busana dan Jasa Niaga).



Drs. Joko Priyono : Setelah mengikuti pelatihan kurikulum 2013 mata pelajaran Prakarya tingkat SMP, saya jadi tahu bahwa mata pelajaran Prakarya merupakan gabungan dari 4 mata pelajaran yang digabung menjadi 1 dan diberi nama Prakarya.

Prakarya terdiri dari 4 aspek yaitu kerajinan, pengolahan, budidaya, dan rekayasa. Sekolah diwajibkan untuk memilih 2 aspek yang disesuaikan dengan kemampuan dan ketersediaan daerah setempat.

Berikut penjelasan singkat mengenai mata pelajaran Prakarya, sebagai berikut:


  1. Kerajinan - Kerajinan disini maksudnya adalah berupa kerajinan tangan dengan menggunakan bahan-bahan alam yang ada disekitar kita. Misalnya membuat kerajinan dari tanah liat lalu dibuat sebuah keramik.
  2. Pengolahan - Pengolahan sebenarnya merupakan mata pelajaran yang sudah ada yaitu mata pelajaran Tata Boga. Aspek ini mungkin menjadi pilihan dari guru di sekolah karena membuat dan mengolah makanan dan minuman. 
  3. Budidaya - Budidaya cocok untuk didaerah dan disesuaikan dengan lingkungan sekitar. Misalnya budidaya ikan, budidaya ayam, ataupun budidaya bercocok tanam 
  4. Rekayasa - Rekayasa adalah mata pelajaran yang berkaitan dengan elektro. Misalnya membuat rangkaian listrik atau membuat bel.

Adapun Sekolah kami memilih aspek kerajinan dan pengolahan.
Demikian sekilas mengenai mata pelajaran Prakarya yang ada di Kurikulum 2013.

Berikut beberapa foto kegiatan Praktek Pendampingan Prakarya :

http://adf.ly/txrQu

http://adf.ly/txrX3

http://adf.ly/txrfV

http://adf.ly/txrm8

http://adf.ly/txrr7


http://adf.ly/txs2q






http://adf.ly/txs8j






#smpmanusaka #iasmanusaka