Jumat, 21 November 2014

DOWNLOAD SOFTWARE TATA USAHA (TU)



A.    Sekilas Program Apliksi Tata Usaha



Software Program Aplikasi Ketatausahaan adalah sebuah program yang berisi sedikit tentang siswa, guru, mata pelajaran, penilaian, pembayaran, penggajian yang dibuat untuk sistem operasi berbasis Windows seperti ME/2000/XP,Vista dan Win’s 7.






Tombol-tombol yang ada di form program aplikasi ini harus di jalankan terlebih dahulu sebelum melakukan aksi sebagai konfirmasi manipulasi data. Selain dapat dengan menggunakan Mouse, Tombol ini juga dapat di Eksekusi dengan keyboard/shortcut. Sehingga user dapat bekerja lebih efesien dan cepat.

Berikut keterangan untuk masing-masing tombol :




 





* Tambah  :      Tombol ini untuk menjalankan aksi penambahan data. User dapat      menggunakan tombol INSERT yang ada dalam keyboard.

* Ubah      :      Apabila user ingin melakukan pengeditan data, User dapat  menekan  tombol ini atau dengan menggunakan tombol F2 yang ada dalam keyboard.

* Batal      :      Tombol untuk membatalkan aksi penambahan atau pengubahan data, apabila user ternyata tidak ingin untuk menyimpan data. User dapat    menggunakan tombol Esc atau F1 yang ada dalam keyboard.

* Simpan   :      Tombol ini untuk menyimpan data ke dalam database baik untuk aksi penambahan atau pengeditan data. User dapat menggunakan tombol F10 yang ada dalam keyboard.

* Hapus     :      Tombol Untuk menjalankan aksi penghapusan data. User dapat    menggunakan tombol SHIFT+DEL yang ada dalam keyboard (Tekan Shift jangan lepas kemudian tekan lagi tombol Del secara bersama-sama).

* Keluar    :      Tombol untuk menutup Form yang sedang aktif atau dengan menekan tombol ESC. User dapat juga mengklik sembarang di luar form, maka otomatis form akan menutup secara otomatis



Adapun Menu Yang ada Di dalam Program Aplikasi ini adalah :

1.      Menu File

a.    Connection

Menu untuk menghubungkan Aplikasi ke database server.

Isi pada “select or enter a server name” dengan nama yang sudah dibuat di Form Connector / ODBC.



b.    Login

Menu untuk masuk ke dalam program dan akan membuka semua atau beberapa fitur/menu lainya yang ada di aplikasi  ini sesuai dengan hak dari user tersebut yang dapat di atur dan di akses di menu User Access.




c.    User Access

Menu untuk membatasi user dalam memakai program yang MultiUser (Optional) Level dengan detail pemakaian seperti Tambah, Hapus, dan Edit Data (Multilevel password And Access Transaction).

Diharapkan setelah masuk program ini, user dimana sebagai admin, hendaknya langsung menghapus seluruh Password yang ada di Form ini, ini untuk menghindari tidak sembarang orang dapat meng accses atau menggunakan dan dapat merubah semaunya tanpa tanggung jawab, sehingga data tidak lagi menjadi valid. Buat lah password yang baru untuk user yang dapat di percaya dalam menggunakan program ini.





d.   Admin

Dalam menu ini terbagi dalam :

1)      Panggil Database

Memanggil Form Database

2)      Clear Database

Menghapus seluruh Data-data (Field) dari Semua Tabel yang ada di dalam database.

e.    Restart Aplication.

Menu untuk Menutup sekaligus Membuka lagi program ini. Fungsi ini sama artinya dengan fungsi seperti LOGOUT.

f.     Quit/Exit

Menu untuk mengakhiri program.

2.      Menu Data

Terdiri dari beberapa form master. Antara lain :

a.    Peminjam

Untuk Memasukan data peminjam.





b.    Arsip

Memasukan data Arsip ke dalam database Arsip.





Tombol-tombol yang ada diantaranya adalah :

Ø  Pembatalan input data : dapat menekan tombol F1 pada keyboard.

Ø  Menambah data : Insert

Ø  Menghapus Data : Shift+Delete

Ø  Mengubah data transaksi : F2

Ø  Mengubah setfocus transaksi : F5





Jika user ingin menambah (menekan tombol keyboard insert) atau mengubah (menekan tombol F2) tapi ternyata salah tempat maka user dapat menekan keyboard F5 kemudian mengulanginya lagi. Misalnya User akan menambah Arsip dari faktur peminjaman yang sudah ada, ternyata setelah menekan tombol insert, mouse setfocus pada faktur peminjaman (setfocus sendiri artinya berhentinya mouse yang di tandai dengan ter ‘block/tersorot’ nya di tempat tertentu). Maka tekan F5 kemudian baru tekan insert sekali lagi.



 



3.      Pengoperasian

a.    Jadwal Mengajar

Untuk menginput data penjadwalan mata pelajaran. Disini user dapat mengatur jadwal dalam mengajar mata pelajaran.







Nantinya akan ada banyak pesan yang muncul bila data yang dimasukan tidak sesuai dengan sistem. User diharapkan membaca dengan baik pesan yang muncul dan berusaha mencari korelasi dengan apa yang yang dikaitkan oleh pesan tersebut. Ini di maksudkan untuk menjaga keutuhan dan kevalidan(kebenaran) dari data itu sendiri.







b.    Pengelompokan kelas

Data ini untuk mengelompokan siswa menurut kelas yang diinginkan






4.      Konfigurasi

a.    Setting

Membuat data sekolah/instansi yang bersangkutan sebagai bahan informasi

b.    Design Laporan

Menu ini untuk membuat format dan isi dari laporan sesuai dengan keinginan user.

c.    Lain-lain

    d.1) Memori

            Berfungsi apabila setiap kali membuka form ternyata form menghilang dari layar (minimize), maka klik menu ini sekali untuk membuat supaya setiap kali membuka form tidak lagi minimize, dan apabila meng klik kembali menu ini, maka akan kembali form menghilang (minimize) setiap user membuka form. Ini biasa terjadi pada Komputer/PC yang ber OS Windows Seven.

    d.2) Kosongkan Background

Membuat tampilan desktop tidak terdapat gambar.

    d.3) Background default

Membuka gambar asal (default) di desktop program.

    d.4) Ganti Background

Mengubah tampilan desktop program

    d.5) Ganti Skin

Merubah tampilan form program

    d.6) Lihat Nama Komputer/PC

Mengetahui nama PC/Komputer kita.



    d.7) Cari File Program




Apabila program kehilangan path program, maka dapat mengakibatkan user tidak dapat lagi membuka beberapa menu atau menu tertentu, maka klik menu ‘Cari File Program’ ini dan kemudian akan muncul form konfirmasi pencarian file ‘my computer’. User dapat langsung memilih/klik open. 





5.      Laporan

Untuk menampilkan laporan-laporan dari hasil inputan data-data di menu Data dan Pengoperasian, menu ini meliputi :

  1. Data Siswa
  2. Data Guru
  3. Mata Pelajaran
  4. Rangking Siswa
  5. Pembayaran
  6. Gaji
LINK DOWNLOAD APLIKASI TATA USAHA & VIDEO TUTORIALNYA:
Password ZIP: SMPMaNUSaKa



--oo000 Selamat Mempraktekan 000oo--


Tidak ada komentar:

Posting Komentar