Senin, 31 Maret 2014

Cara Menghilangkan Tampilan Update Masa Berlaku Dapodik 2.0.6

Salam pendidikan dan salam Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Satu Data

Wah....Wah....ternyata aplikasi dapodik versi 2.0.6 sudah habis....!! Dan kita disuruh untuk mengupdate dengan versi terbaru yakni Patch 2.0.7.

Apa sih kelebihan dari Patch 2.0.7? Ayo simak penjelasan singkat ini :


1. Patch 2.07 akan direlease tanggal 1 april 2014
2. Nama dan tanggal lahir PTK dan PD akan di kunci (tidak dapat di edit) oleh karena itu pastikan data tsb sudah valid sebelum mengupdate versi terbaru (tujuan: primary key terjaga / konsisten dengan namanya)
3. Update 2.07 sesuai harus berangkat dari versi 2.06 , prosedur patch sama dengan yg sebelumnya dan tidak ada bugs dalam patch (tidak ada kasus data hilang setelah patch)
4. Lakukan sinkronisasi untuk mengupdate data sekolah anda, pastikan sudah sama dengan di server ,
5. Segera akan di informasikan kembali jika sudah resmi release di infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id 
Itu tadi penjelasan singkat dari Dapodik versi 2.0.7, nahhhhh.....yang menjadi permasalahannya disini adalah.....????? Penjelasan poin nomor 2...!!! 
2. Nama dan tanggal lahir PTK dan PD akan di kunci (tidak dapat di edit) oleh karena itu pastikan data tsb sudah valid sebelum mengupdate versi terbaru (tujuan: primary key terjaga / konsisten dengan namanya)
Permasalahannya, Apakah Nama dan tanggal lahir PTK dan PD di dapodik anda sudah benar? Kalau sudah benar itu bukan menjadi suatu permasalahan. Tapi, pasti ada diantara kawan-kawan operator yang datanya terutama Nama dan tanggal lahir yang di input salah. Terus bagaimana cara memperbaikinnya? Sedangkan dapodik versi 2.0.6 nya sudah kadarluarsa alias habis....!!! 

Jangan PANIK.....!!! Pasti ada jalan untuk ke Monas.....!! Hehe.....

Oke,
Bagaimanakah cara mengatasinya? Cara yang paling jitu adalah menghilangkan keterangan "UPDATE VERSI TERBARU" kemudian di edit data yag belum valid.

Lalu bagaimanakah cara menghilangkan keterangan "UPDATE VERSI TERBARU" pada dapodik??
Ayo ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :
1.  Gantilah pengaturan tanggal (jam tidak perlu di ganti) pada komputer/laptop anda dengan cara double klik pojok kanan bawah pada tampilan destkop.

2. Gantilah tanggal sebelum batas waktu versi terbaru untuk versi 2.0.7 yaitu sebelum tanggal 1 April, misalakan di sini saya  mengganti menjadi tanggal 4 Maret 2014.
3. Dan yang terkahir silahkan klik OKE! Yessss.....!!! Selamat akhirnya dapodik anda kembali ke versi 2.0.6, dan kemudian silahkan kawan-kawan edit atau validkan dulu yang paling utama adalah tanggal lahir PTK dan PD, setelah valid, kembalikan tanggal seperti semula, dan jika patch versi terbaru (versi 2.0.7) sudah di release download dan instal.

Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar